The Adventure of A Little Bird

The Adventure of A Little Bird

Aku adalah seekor burung yang terbiasa hidup bebas di alam luas. Setiap hari aku terbang ke sana dan ke mari, mengikuti arah angin, tanpa tujuan yang pasti. Tak jarang aku menemukan hambatan di jalan, seperti misalnya cuaca buruk maupun hewan buas yang siap menerkam. Namun sejauh ini, aku masih dapat mempertahankan hidupku, sendirian. Alhamdulillah.

Terkadang aku merasa lelah dan muak dengan segala perjalanan ini. Aku lelah berpetualang tanpa hasil yang pasti. Namun apadaya. Aku telah berjanji kepada diriku sendiri bahwa aku tidak akan menghentikan perjalanan ini sebelum mendapat tempat peristirahatan terbaik. Ya….. Perjalanan panjangku selama ini hanya demi mencari sebuah sangkar. Sangkar yang dapat memberiku rasa nyaman dan aman, yang dapat kujadikan tempat peristirahatan dan tempat mengadu. Aku ingin tinggal di dalam sangkar yang cantik, selayaknya burung-burung lain. Sangkar yang selama ini aku idamkan, namun belum kunjung aku temukan. Sempat aku singgah di beberapa sangkar yang aku temukan di tengah perjalanan, namun belum ada satupun yang dapat memberiku rasa yang selama ini aku cari. Maka aku memutuskan untuk terus melanjutkan petualanganku.

Hingga saatnya, aku menemukan sangkar yang selama ini aku dambakan. Sangkar yang memberiku rasa aman dan nyaman. Sangkar yang dapat memberiku kebahagiaan hanya dengan beristirahat di dalamnya. Sangkar yang berhasil memberiku rasa yang selama ini tengah aku cari, rasa yang benar-benar tidak mampu ku ungkapkan dengan barisan kata. Sangkar yang benar-benar berhasil menarik hatiku. Tak pernah aku merasa senyaman ini di sangkar-sangkar sebelumnya. Sempat aku berpikir, mungkin kah petualangan panjangku harus berakhir saat ini? Di sangkar ini?

Hingga suatu saat aku kembali tersadar bahwa aku bukanlah satu-satunya burung yang berada di sangkar ini. Ya…. Sangkar yang awalnya aku kira peristirahatan terakhirku, ternyata telah dimiliki oleh burung lain. Burung cantik yang sangat beruntung karna telah mendapatkan sangkar itu sejak lama. Aku merasa iri kepadanya, namun apa yang dapat aku lakukan? Saat ini, burung itu sedang tertidur pulas sehingga dia tidak menyadari bahwa ada burung asing yang singgah, dan berusaha ingin tinggal di dalam sangkar indahnya tersebut.

Aku sempat tidak tahu harus melakukan apa. Apakah aku harus melanjutkan petualanganku? Atau…… Haruskah aku mempertahankan egoku untuk tetap berada di sangkar ini? Ya, bertahan hingga akhirnya sang burung cantik pemilik sangkar ini terbangun dan menyadari akan adanya kehadiran ku yang pasti sangat tidak dia inginkan. Sama saja seperti aku bermain api di tepi lautan bensin, ya kan?

Setelah aku renungkan beberapa saat, aku akhirnya kembali tersadar. Mungkin sangkar ini memang tepat untuk aku singgahi, tetapi tidak untuk aku tinggali.
Ya, keputusanku sudah bulat. Aku harus melanjutkan perjalananku. Harus. Senyaman apa pun rasa yang aku dapatkan, sangkar ini tetap bukan lah hak ku.

Tanpa menunggu si burung cantik itu terbangun, aku pun pergi meninggalkan sangkar indah ini dan melanjutkan perjalanan ku. Ya… Aku sadar bahwa menyinggahi sangkar yang telah berpenghuni ini merupakan perbuatan yang salah. Kesalahan besar mungkin? Um. Tapi bagaimana pun aku tidak menyesali yang telah aku lakukan. Anggap saja pengalaman baru, haha! Yang pasti, aku sangat bersyukur karena Tuhan mengizinkan aku untuk mendapatkan rasa yang selama ini aku cari dan aku idamkan. Walaupun semua rasa itu hanya sesaat, tapi setidaknya……. Thank God for everything! Aku yakin Engkau akan selalu menuntun ku dalam setiap perjalanan ku, karena aku juga yakin bahwa Engkau telah menyiapkan sangkar terbaik untuk diriku. Bahkan jauh lebih baik dari yang dapat aku bayangkan selama ini :) aamiin :)

With Love,
DRN

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s